CISELTODAY, Pacet – Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengunjungi warga yang terdampak sumur tercemar diduga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kampung Panyaweuyan, Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Selasa (25/6).

Dalam kunjungannya, Herman didampingi Kepala Disperindag Cianjur, Himam Haris, serta perwakilan DPC Hiswana Migas Cianjur, Dudu Badrujaman.

Ia berinteraksi dengan perwakilan warga dan Pemerintah Desa Ciherang membahas peristiwa ini di Kantor Kepala Desa Ciherang, Kecamatan Pacet.

Perwakilan warga Ciherang, Usep Amirullah, mengharapkan adanya tambahan bantuan air bersih untuk keperluan warga sambil menunggu hasil uji lab keluar. “Karena kalau soal air itu kebutuhan mendesak, bantuan yang masuk pun dirasa kurang. Setidaknya mencukupi sampai hasil uji lab bisa ditindaklanjuti,” ujarnya.

Baca Juga:Foto-foto: Heboh Kebakaran Mobil di Sindanglaka

Senada, Ludi, warga lainnya juga berharap adanya perhatian lebih dari pemerintah, dari tingkat desa maupun kecamatan. Ia juga ingin adanya recovery untuk lingkungan dan sumur warga, agar kembali normal. “Warga pasti berkeluh-kesah ke pemerintah terdekat. Apapun hasil labnya nanti, kita ingin ada penanganan agar sumur bisa bersih lagi,” tutur Ludi.

Tanggapan Herman

Menanggapi keluhan tersebut, PLT mengatakan akan melakukan langkah sesuai prosedur.

“Kalau sekarang, kita belum bisa melangkah lebih lanjut, karena hasilnya kan belum diketahui. Baru setelah keluar kita bisa menentukan langkah apa yang diambil,” papar Herman.

Baca Juga: Cianjur dan Cipanas Jadi Lokasi Porpamda Jabar IV

Herman pun mengimbau agar warga bersabar menunggu hasil uji lab demi ketentraman di lingkungan.
“Jangan tergesa-gesa dan gegabah. Bersabar karena ada proses pemeriksaan dulu. Selain itu, uji lab yang dilakukan itu di Bandung, tingkat provinsi jadi memakan waktu yang lumayan lama,” tambahnya.

Baca Juga: Intip Yuk Indahnya Kampung Warna-warni di Cipanas!

Selepas itu, Herman meninjau secara langsung beberapa sumur warga yang tercemar mirip Bahan Bakar Minyak (BBM) di Ciherang. Warga antusias dengan kedatangan Plt Bupati Cianjur dan berharap ada penanganan lebih lanjut terkait masalah ini. (arm)

Reporter : Ario Rosmana
Editor : M Reza Fauzie