CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Jenazah Ani Iin, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang meninggal dunia di wilayah Zarqa, Yordania, segera dipulangkan ke Cianjur. Kepastian itu didapat dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur.

Ani Iin rencananya akan dipulangkan ke kampung halamannya di Kampung Cidalung, RT 07/RW 03, Desa Wangunsari, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur.

Sebelumnya, pemulangan jenazah sempat terkendala dikarenakan statusnya selama di Yordania sebagai TKI tidak resmi. Selain itu tidak mempunyai majikan yang tetap, sehingga tidak ada biaya maupun asuransi.

Baca juga: TKI Cianjur Meninggal Dunia di Yordania

“Alhamdulillah semalam kita dapat brafax dari KBRI di Yordania, menyatakan bahwa jenazah almarhumah akan dipulangkan ke Indonesia,” papar Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Pengembangan Perluasan Kesempatan Kerja, Ricky Ardhi Hikmat, Kamis (29/8/2019).

Menurutnya, semua ini berkat doa dari warga Cianjur dan hasil koordinasi intens Disnakertrans Cianjur dengan Kementrian Luar Neger i(Kemenlu) dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Amman, Yordania

“Sehingga membuahkan hasil, jenazah almarhumah bisa dipulangkan dengan bantuan biaya dari KBRI,” ujarnya.

Ia menjelaskan, rencananya jenazah akan diberangkatkan dari Amman, Yordania menuju Jakarta via Abu Dhabi. Rute penerbangan tanggal 29 Agustus 2019 berangkat dari Amman jam 17.55, tiba di Abu Dhabi jam 22.00.

“Sedangkan pemberangkatan dari Abu Dhabi tanggal 30 Agustus 2019 jam 03.05 diperkirakan sampai di Jakarta jam 15.10 WIB,” tuturnya.

Ia menambahkan, terlampir juga salinan flight detail paspor dan surat keterangan kematian almarhumah dari instansi terkait di Yordania. Sehubungan dengan hal tersebut, pihaknya sebagai perwakilan keluarga akan langsung menjemput jenazah di bandara Soekarno Hatta Jakarta.

“Kita akan menjemput dan sekaligus mengantarkan jenazah ke kampung halamannya,” tandasnya.(yan)

Reporter : Dian Tardian
Editor : M Reza Fauzie