CISELTODAY.COM, Cianjur – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur gencar melakukan penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau kartu kombo kepada masyarakat penerima. Bahkan, Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, turun langsung bertemu masyarakat untuk menyalurkan ke desa-desa.

Tim Redaksi Cianjur Today pun melakukan penelusuran terkait program yang digulirkan Pemerintah Pusat itu. Namun ternyata, masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang apa itu BPNT.

Enok Masadah (68), misalnya, salah satu warga RT 01/RW 02, Desa Songgom, Kecamatan Gekbrong. Saat berkunjung pada Selasa (18/6/2019) lalu, ia mengaku belum mengetahui jelas manfaat kartu tersebut.

“Sebelumnya saya tidak pernah menerima PKH, kemudian oleh desa disuruh ke bank dan mendapatkan kartu,” paparnya.

Baca Juga: Tiga Besar di Jabar, Ada 187 Ribu Penerima BPNT di Cianjur

Apa Itu BPNT?

Nah supaya tidak bingung, Tim Redaksi Cianjur Today kali ini akan mengulas tentang apa itu BPNT. Dirangkum dari berbagai sumber, BPNT adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada Kelompok Penerima Manfaat (KPM) secara non tunai.

Tujuannya untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi kepada KPM, yang dapat diambil setiap bulan. Penerima manfaat BPNT datanya didapat dari Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin.

Bagaimana Cara Pencairan BPNT?

Transfer dana BPNT dijadwalkan setiap tanggal 25, yang diiringi dengan notifikasi kepada penerima. Setiap KPM akan menerima besaran BPNT sebesar Rp110 ribu setiap bulan.

Page: 1 2